Tuesday, December 22, 2009

Syurga Dunia : Taman Botani Cibodas ?

by : kasmad

Entah untuk yang keberapa kalinya saya berkunjung ke taman cibodas. Namun, cibodas tetap saja menarik untuk dinikmati, apalagi baru kali ini bertamasya bersama keluarga. Taman Cibodas memang tidak bias lepas dari sejarah pendudukan Belanda atas Indonesia. Adalah ahli tumbuhan ternama saat itu, Johannes Elias Teijsmann yang memulai pembangunan taman cibodas pada tahun 1852.

Kebun Raya Cibodas atau Taman Hutan Raya (Botanic Garden), terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur. Topografi lapangannya bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian 1275 m dpl, bersuhu udara 17 - 27 derajat Celcius. Kebun ini didirikan pada tahun 1862 oleh Johannes Elias Teysjmann sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor pada lokasi di kaki Gunung Gede. Dengan curah hujan 2380 mm per tahun dan suhu rata-rata 18 derajat Celsius, kebun botani ini dikhususkan bagi koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan runjung dan paku-pakuan. (sumber wikipedia)


Areal Taman Cibodas memiliki luas kurang lebih 125 hektar dengan banyak dihiasi dengan berbagai jenis tumbuhan langka dari anggrek sampai bunga raflesia, dan tentu saja hewan-hewan serangga. Selain objek wisata berupa hutan lindung, di taman ini juga disediakan villa untuk wisatawan yang mau bermalam serta ada kuda-kuda yang sengaja disediakan untuk wisatawan berkeliling taman.


Jauh dilembah, terdapat sungai yang airnya bersumber dari curug kecil namun indah. Dibawahnya dibuat aliran sungai buatan yang melintasi jalan aspal. Untuk anak-anak bermain air cukup aman meski tetap harus hati-hati karena licin.


Setiap tempat wisata tentu ada areal yang disediakan buat masyarakat lokal untuk mengembangkan perekonomiannya. Begitu juga di taman ini, masyarakat sekitar disediakan tempat untuk menjajakan berbagai souvernir. Tepatnya, di arela parkir bisa menjadi pasar kagetan karena mendadak banyak sekali pedagang dari kerajinan sampai hasil bumi.


Ya, syurga dunia mungkin tidak terlalu tepat untuk menggambarkan keindahannya. Namun, rasanya tidak berlebihan kalau taman Cibodas disebut demikian.

No comments: