Friday, June 06, 2008

Become Inspiring Teacher


Pagi ini sambil menunggu anak-anak selesai mengerjakan sumatif test, kucoba mengingat kembali wajah orang-orang yang pernah "nyangkut" di hati. Pertama, wajah itu selalu membayang tapi sampai detik ini aku benar-benar lupa namanya. Rumahnya dipinggir kali sunter, plumpang seorang guru agama, rumahnya sangat sederhana, tapi tak pernah ku lupa bahwa dia benar telah mengisi ruang hati saat aku masih berumur 8-9 tahunan, perawakannya gemuk dan berjilbab, lembut bicaranya. Entah setan apa aku sampai lupa namanya....!!!

Kedua, Bu Titiek, guruku di kelas 5 SD meski masih gadis waktu itu, ia seperti sudah sangat berpengalaman, lembut mungkin karena orang jawa, aku tak pernah merasa risi meski ia beragama kristen. Salah seorang guru yang kukagumi. Ketiga, Bu Sri, keras, tegas dan galak. Tapi kusuka, karena ia disiplin dan konsekuen. Guruku di kelas 6, dan aku selalu main ke rumahnya untuk belajar sampai aku SMA masih sering main ke rumahnya. Waktu aku kuliah jarang sekali kecuali Hari Raya Fitri. Akhir-akhir ini sudah tidak pernah lagi. Dulu, ketika masih kuliah janjian sama Nartoyo dan Purwanto untuk ketemuan dan main kerumah Bu Sri. alah seorang guru yang memberiku banyak inspirasi. Kini ia kepala sekolah di sebuah SD kata adikku yang kebetulan teman anaknya.


Keempat, Mr. Paul, guru bahasa Inggris, seorang pendeta orang timor leste, pandai membaca qur'an.. Super galak, tegas dan sering main tangan kalau anak muridnya nggak bisa jawab pertanyaannya. Pernah suatu hari, aku telat karena kesiangan dan jarak rumah ke sekolah lumayan jauh sekitar 7-8 kilo, aku jalan kaki karena uang sakunya buat jajan, kalau naik bemo pasti aku nggak bakalan jajan. Oya, SMP 95 itu dekat stasiun Priok. Karena telat, jam pertama Mr. Paul nggak gitu takut, karena ia tahu aku jalan dari rumah dan sesampai di sekolah langsung duduk, Mr. Paul cuma mengangguk. Ternyata Mr. Paul lebih Islami dari yang kukira. Yang aku tahu nabi mengajarkan kalau seseorang masuk majelis sementara ia terlambat tidak perlu lagi mengucapkan salam, apalagi salam yang dibuat-buat biar kelihatan berwibawa gitu. Mr. Paul melarang muridnya untuk mengucapkan selamat siang/pagi, atau mengetuk pintu saat telat. Nah, ini dia yang bikin aku nggak bakalan lupa sampai sekarang..... Ia menamparku dua kali bolak-balik saat selmua teman-temanku nggak ada yang bisa jawab, tinggal aku yang belum.....akhirnya karena grogi padahal aku tahu jawabannya, salah ucap. Kena deh digampar sampai melintir....Aku nggak dendam sama dia malah aku jadi tambah bisa berbahasa inggris karena dia.....Aku merasa tidak sakit waktu ia tampar, karena ia tahu cara menampar murid dan tidak dengan amarah. Salah satu guru yang menginspirasiku.....eh ternyata dia juga menyukaiku ....... sebagai guru yang super galak ternyata Mr. Paul juga penuh perhatian dan peduli, karena aku nggak sanggup bayar les aku digratisin....

Kelima, Bu swesti guru bahasa Indonesia yang lembut dan penuh perhatian. halus budinya santun tutur katanya dengan anak yang paling bandel sekalipun. Orangnya sulit sekali untuk marah...luar biasa.....!!! Seorang guru yang juga memberiku inspirasi.....

Keenam, Bang Garang.....seorang guru tata negara sekarang sebutannya PKn. Orang batak, kalo ngomong lugas, apa adanya, galak pasti, tapi gaul...suka naik gunung bareng anak-anak...kalau nggak hafal UUD 45 pasti kena jepret karet gelang.....kritis terhadap pendidikan, rambut gondrong. Mantam aktifis 66, kini sudah meninggal semoga amal baiknya diterima Allah SWT. Muslim yang taat. Seorang lagi guru yang memberiku inspirasi soal kekritisan dan kedekatannya dengan murid.....

Terakhir, Ust. Syaifuddin almarhum. Seorang guru yang memberikan contoh soal keistiqomahan. Keras daya juangnya dan teguh prinsipnya. Mantan lasykar DI/TII yang penuh dedikasi. Semoga Allah menerima segala amal baiknya, dalam membela Islam saat perjuangan kemerdekaan maupun saat Orde Baru. Satu lagi guru yang memberiku inspirasiku.....

Kini aku juga guru. Bisakah aku seperti mereka? Pertanyaan yang belum bisa aku jawab sampai sekarang. Karena masih mencari formulasi yang tepat buat aku.......

No comments: