Thursday, January 24, 2008

Sop Jahe, masakan khas lebaran ala H. Rais

Hari raya iedul fitri biasanya dirayakan dengan penuh suka cita oleh semua umat Islam di seluruh dunia. Begitu juga keluarga besar H. Rais yang biasanya menyiapkan masakan khasnya, yakni sop jahe.

Biasanya keluarga yang datang atau tamu yang berkunjung selalu disajikan masakan ini. Dulu, saat saya masih remaja dan sebelum menikah, saya dan baba, panggilan H. Rais. Beliau adalah ayah saya dan kini hampir setahun sudah wafatnya, saya dan baba keliling cakung mencari tulang yang dijual, terutama tulang paha dan iga. Wah, bisa seharian memilih, mencari dan membawanya pulang ke Priok. Saat masih muda, baba adalah penjual daging dan sate kambing, jadi beliau tahu betul mana yang baik untuk dimasak sop jahe.

Sop jahe, adalah masakan khas resep dari nyak tua Hj. Marhamah almarhum yang memang jago masak, dulu juga waktu beliau masih hidup aku suka ngerecokin di warung nasinya.

Nah, biasa deh emak saya yang bikin bumbunya bab yang memotong-motong tulang yang baru dibeli dari tukang daging di sepanjang jalan tipar cakung.

Alhasil, nikmat banget di makan selepas sholat ied dan hampir pasti ludes nggak nunggu sampai besoknya. Keluarga dan tamu yang datang belakangan pasti gigit jari, kehabisan .......

Nah untuk resepnya nanti aku tulis deh untuk para pencinta masakan tradisional indonesia.

No comments: