Wednesday, March 25, 2009

Aku Untuk Negriku 2

by kasmadi


Pekerjaan besar dimulai dari pekerjaan yang sangat sepele di mata orang lain. Pekerjaan besar tidak akan pernah sesukses yang diinginkan, jika menganggap pekerjaan yang kecil sebagai sampah. Simpul keterkaitan atau benang merah yang mengikat rantai kehidupan ini tidak lepas dari unsur-unsur yang sangat kecil tapi membuat utuh simpul lainnya.

Hal paling kecil, menyingkirkan duri di jalan (hadits nabi) sangatlah penting meski sebuah pekerjaan kecil, tapi memberikan simbol bahwa seseorang itu telah mengejawantahkan keimanannya kepada Allah subhanahu Wata'ala. Jadi sesungguhnya tidak ada pekerjaan yang sia-sia kalau itu dijalankan dengan penuh keimanan kepada Yang Maha Empunya nyawa.

Bahwa keyakinan pekerjaan kecil akan bermanfaat perlu ditanamkan sejak dini kepada anak bangsa ini. Sudah sangat banyak contoh yang membuktikannya, meski untuk itu perlu waktu bertahun-tahun. Anak-anak bangsa seperti ini memang layak menjadi ikon pekerja keras dan sabar sebagaimana ciri khas bangsa ini sebagai bangsa pekerja keras dan penyabar. Anak-anak bangsa ini juga pantas mendapatkan blackinnovation awards, seperti yang dilakukan oleh bang Andy F. Noya lewat Kick Andy-nya memberikan penghargaan kepada orang-orang yang berjasa dibidangnya setelah berkerja tanpa pamrih bertahun-tahun.

Seorang yang lulusan SD, bertahun-tahun seorang diri mendidik anak-anak desa di sebuah SD Muhammadiyah di sumatera selatan tanpa perhatian dari pemerintah. Atau seperti seorang bidan di Jakarta Utara yang dengan rela menyulap monilnya menjadi ambulance dan berkeliling utnuk membantu warga yang kesusahan dalam bidang kesehatan tanpa pamrih, atau seorang bidan di kampung badui yang rela berhari-hari berjlana untuk melayani kesehatan warga badui, naik turun bukit tanpa imbalan sepeserpun. Pejuang-pejuan kehidupan yang layak dicontoh.

Maka yakinlah inovasi atau apapun namanya jika kita kerjakan dengan kesungguhan hati akan berbuah manis baik untuk diri sendiri maupun lingkungan disekitar. tak peduli cemoohan, ejekan atau makian, karena orang yang menyepelekan tidak tahu apa yang ia kerjakan. untuk orang-orang seperti itu perlu kita sadarkan dengan perbuatan kecil kita yang bermanfaat besar. Dan, autoblackthrough untuk orang-orang yang mau berjuang dan berbuat dari hal-hal kecil yang bermanfaat besar bagi orang lain.

sumber gambar : www.siswonugroho.com

No comments: