Tuesday, April 01, 2008

Masjid Lempung



Masjid ini didirikan sekitar tahun 1905 terbuat dari tanah lempung (tanah liat. Makanya masjid ini dikenal dengan masjid lempung. Berada di Afrika Barat, tepatnya dikota Djenne sebagai tanda masuknya agama Islam ke wilayah tersebut. Aslinya masjid ini dirancang bangun pada abad ke-11.

Kota jenne sendiri terletak di sebuah pulau kecil yang terbentuk hampir sepenuhnya dari lempung di tengah sungai Bani, salah satu delta sungai niger yang lebih besar. Dan Mali adalah salah satu negeri di kawasan afrika Barat yang dikenal sebagai "Sahil" (bahasa Arab) yang berarti perbatasan.


Arsitekturnya yang terdiri dari bangunan utama, dan ada ventilasi yang terbuat dari keramik dan dikerjakan oleh kaum perempuan, berfungsi untuk memberi peluang udara segar diwaktu malam hari.

Selain itu ada pokok-pokok yang terbuat dari kayu. Seperti duri sebuah pohon, duri-duri tersebut menjadi pasak yang menyatrukan struktur bangunan dan menjadi seni arsitektur yang indah. Selain itu, sebagai alat meminimalkan tekanan dari perubahan yang ekstrem dan kelembaban antara siang dan malam. Ternyata, kayu-kayu tersebut berfungsi pula sebgai tangga untuk menempel lempung jika rusak.

sumber : Madina Vol.03/Maret 2008

No comments: