Thursday, February 26, 2009

17+ on Black in News !

Tujuh belas tahun identik dengan gerbang menuju kedewasaan atau malah puncak usia muda yang penuh agresifitas, keingintahuan yang luar biasa besarnya, serta puncak ingin menonjolkan jati diri sebebas-bebasnya.

Tujuh belas bagi kalangan anak remaja yang beranjak dewasa menjadi angka kramat. Nggak bisa dilupakan, wajib dirayakan sebagai hari bersejarah sepanjang usia manusia dan pantas dikenang sebagai saat-sata menentukan arah mana yang dituju.

Pesatnya informasi dewasa ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari terbentuknya kepribadian dan pengalaman seseorang, apalagi remaja. Tak heran kalau remaja di kota-kota besar , pengetahuannya tentang informasi dunia luar begitu cepat tertransformasi dalam dirinya. Nggak gaul, katanya -- kuper --, atau apapun istilahnya yang menggambarkan ketertinggalan informasi. Jakarta, misalnya; remajanya tentu akan berbeda dengan performance remaja yang tinggal di kota-kota kecil, apalagi desa. Sosok remaja Jakarta luar biasa dahsyatnya, akibat informasi yang begitu cepat tidak terbendung oleh pagar-pagar yang dibuat oleh keluarga dan sekolah. Tidak mengherankan pula usia-usia rawan para remaja telah diisi dengan informasi yang tidak seimbang dari pihak keluarga, sehingga tidak sedikit uyang terjerumus pada pergaulan bebas, narkoba dan kriminal.

Peran orang tua, terutama; dan sekolah sebagai dua benteng yang diharapkan bisa menahan gempuran pasukan informasi dari luar dapat berkolaborasi harmonis sehingga remaja tidak salah arah. Sebagai generasi yang akan menghiasi negeri ini dengan banyak kiprah, sudah saatnya di era yang begitu banyak pilihan tak terbatas; ada ramuan khusus di dunia pendidikan yang menjurukan remaja pada jalur yang benar. Tantangan berat tetapi harus dihadapi.

Keluarga superlah yang mampu menjadi jembatan yang menunjukkan arah kebenaran itu. Keluargalah yang sangat diharapkan dapat membuat anak menjadi anak yang tahu arah mana yang harus ditempuh. Arah yang membuat remaja menjadi black community yang membanggakan keluarga, masyarakat dan bangsa ini. Sebab ditangan para pemudalah bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar dan bermartabat.

No comments: