Wednesday, February 04, 2009

Cang Muin : The Black Community


by kasmadi

Sudah lama nggak nyaba cang Muing, paman yang tinggal di pedurenan, pupar cakung, dekat markas FBR (forum betawi rempug). Waktu saya kecil, cang Muin yang sering ngedukung (baca : gendong, momong). Cang Muin sekarang berdagang di pasar deket kuburan babe. Pasar yang kata babe, dulunya yang memprakarsai Kong Haji Tholib almarhum, ramai. Banyak pendatang yang berjualan kelontong, sayuran sampai rokok dan buah-buahan.

"Assalamualaikum, Cang!" lagi ngapain, roman-romannya butek banget tuh muka? "

"Eh, elu mat!, tumbenan maen, masup dah" cang Muin langsung ke belakang ngambil minuman.

Sambil terus ngepulin asep rokok djarum-nya, cang Muin nuangin air putih.
Cang Muin memang perokok sejati. Sejak dulu muda sampai sekarang rambutnya sudah memutih, super adalah teman favoritnya. Apalagi sekarang keluar produk cigarilos sebagai djarum black, bisa ngawang-ngawang di udara pikiran cang Muin, menikmati isapannya.

"Pada kemana orang rumah, cang. Sepi banget?"

"Lagi pada ke rumahnya Halimah, pan mantunya beranak kemaren sore"

"Cang masih ngebul aja. Apa nggak takut sama fatwanya ulama?"

"Yah elu mah udah telat nanyain begituan. Gua kagak takut dah sama fatwanya ulama. Apalagi ulama sekaranga demenannya politik melulu. Gua mendingan percaya sama ustadz Jubair yang cuma dagang kelontong, tapi hatinya kyai..."

"Busyet, jangan sembarangan cang. Kalau ada yang denger kan berabe"

"biar aja. Lagian ngapain sih ngurusin yang begonoan, emang kagak ada lagi yang diurusin. Nah yang haram kayak bir aja bebas dijual, susah ngaturnya. Eh ini malah nambahin kerjaan yang nggak sesuai sama kemampuan. Coba dah elu pikirin. Elu kan amtenar, pegawai pemda. Susah kan ngelarang orang ngerokok di tempat umum, padahal udah ada perdanya. Pemda kagak konsisten sih ngelaksanainnya!"

Panjang lebar cang Muin ngomong. Seolah cang Muin ngeluarin uneg-uneg sebagai wakil dari sebagian wong cilik. Wong cilik yang udah susah hidupnya, ditambah aturan fatwa MUI melarang rokok setengah-setengah. Menurut Pak Fahmi Idris yang menteri perindustrian, ada sekitar 10 juta orangyang terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam industri rokok. Tiga juta pekerja yang ada dipabrik rokok, 2 juta pekerja disektor supportingnya dan yang 5 jutaan yang ngejualin rokok mulai dari asongan sampai toko-toko kayak minimarket.

"Iya dah cang, aye sampein entar sama bang Fauzi"

Diluar romannya rame banget suara derungan motor. Ternyata anak buahnya cang Muin yang tergabung dalam Djarum black community hendak berdemo ke budaran HI dan kantor MUI.

(sumber gambar : bangbul.site88.net)

No comments: