Wednesday, May 21, 2008

Indonesia : Bangkitlah dari kuburmu

Bang Uleg ini hari mau jualan di Senayan, sambil bisnis nonton demo anak muda yang sedang menggelora jiwa mudanya.

Di jalanan ada banyak barisan mahasiswa, berbagai bendera organisasi berkibar, kuning, hijau, merah, biru, yah seperti waktu sekolah dulu "mejikuhibiniu" atau pelangi saat gerimis mengundang.

"Wow......!" bang uleg berseru, gile warna-warni, meriah kayak waktu kampanye.

"Coba gue dulu makan bangku kuliahan, bisa nyicipin masa-masa kayak gini kali ya!"

"elu langsung diculik, kayak si itu lho Budi...budi, ah pokoknya lu pasti diculik, wajah elu wajah pemberontak sih....! si tukang es cendol nyeletuk di sampingnya, sambil bungkus-bungkusin esnya.

"lha, masa wajah melankolis begini dibilang pemberontak, ade-ade aje lu Sin...!

Pemandangan di jalanan menuju gedung DPR MPR keliatannya makin riuh rendah oelh yel-yel, dan teriakan korlap yang berorasi dan memandu menyanyi khas pendemo. Betul juga kata tetangga sebelah kontrakan tadi pagi, bahwa kebangkitan nasional itu adalah jalanan macet karena demo mahasiswa, suntuk dengerin celoteh pejabat waktu upacara yang realitasnya bertolak belakang, di senayan ga enak lagi menikmati tontonan musik dan sepakbola karena ribut... Tapi kalau tidak ada yang bergerak memberi suntikan kritis, bisa jadi sejarah terulang, represif, penindasan, jurang kaya dan miskin melebar (sekarang bukannya tambah lebar?!)

Ayo terus kritisi pemerintah dan wakil rakyat!!! teriak bang uleg sambil melayani seorang mahasiswa yang membeli rujaknya.

"wah, si abang melek politik juga ya?" tanya nya

"ya nggak mba, saya sekedar kasih semangat, sambil jangan lupa beli rujak saya....he....he....he...!"

Sementara, para pendemo lagi bersemangat demo di jalanan. Anggota legislatif di sebuah bilik kamar komisi lagi asyik bagi-bagi duit hasil sidang penetapan undang-undang yang diberi oleh pemerintah. Gratifikasi? No way! Ini kan jerih payah gue, katenye.....

Di tempat lain, seorang pejabat sedang asyik bermain golf dengan beberapa sejawatnya di sebuah komplek mewah di pinggirran muara karang.

"Indonesia bangkit dari kuburmu.....!!! seorang pendemo berteriak lantang.

No comments: