Thursday, May 22, 2008

Tip Sehat Dengan Junk Food

Seberapa sering anda dan keluarga mengonsumsi jung food? Padahal anda tahu benar bahwa junk food mengandung banyak lemak , garam dan gula termasuk bahan tambahan pangan atau aditif sintetik untuk menimbulkan citarasa seperti MSG. Sebab itu Junk food berpotensi untuk menimbulkan banyak penyakit seperti obesitas, rematik akibat penimbunan purin, tekanan darah tinggi, serangan jantung koroner, stroke dan kangker. Tipe berikut ini bisa anda ikuti agar tubuh anda tetap sehat meskipun masih mengonsumsi junk food.

Sarapan yang tepat. Mulailah hari dengan mengonsumsi menu sarapan sehat seperti jus buah, susu rendah lemak, yogurt, sereal tinggi serat dn buah. Orang yang berpoa makan tinggi serat mencerna makanan sangat lamban. Akibatnya, rasa lapar tertunda dan keinginan untuk mengasup makanan berlemak berkurang.

Hindari kulit fried chicken. Sebaiknya ketika anda mengonsumsi fried chicken buang kulitnya. Kulit ayam, terlebih lagi ayam ras adalah sumber lemak jenuh dan fried chicken menggunakan teknik penggorangan deep frying. Kandungan lemak bahan yang digoren lebih besar dibandingkan bahan yang digoreng dengan tknik penggorangan biasa.

Pilih Nasi. Kandungan lemak dan sodium kentang goreng sangat tinggi. Jadi saat anda mengonsumsi junk food, pilihlah nasi. Bila anda membeli burger carilah jenis yang lebih banyak mengandung bahan nabati dibandingkan hewani. Jika memungkinakn perbanyak isi sayurnya, seperti selada tomat mentumun dan sebagainya.

Potong porsi dan ukuran. Jangan mencobanberpantang memakan junk food karena anda justru makin tergoa untuk mecomotnya. Jika ingin belilah dalam porsi kecil lalu bagilah dengan rekan di sebelah anda.

Mulai Olahraga. Olahraga akan memompa endorlin, yaitu morfin alami dalam tubuh, untuk beredar ke seluruh tubuh. Dengan berolahraga, anda jadi punya waktu sedikit untuk makan.

Makanlah makanan halal. Salah satu hal yang kadang dilupakan oleh sebagian anda yang muslim. Periksa dan teliti dulu, apakah junk food tersebut halal atau tidak. Prinsip kehati-hatian harus tetap dijaga agar kita tidak mengonsumsi makanan dan minuman haram. Terakhir ini tambahan dari saya…..

(Mom & Kiddie, Edisi 18-tahun II, Mei 2008)

No comments: