Thursday, March 11, 2010

MANDING VILLAGE

by kasmadi

Sebuah desa tidak jauh dari pantai parangtritis (Paris), desa industri, seperti halnya kota gede. Desa tersebut bernama Manding. Jaraknya sekitar 3 - 4 kilometer sebelum Pantai Parangtritis.
(sumber gambar :mycityblogging.com)

manding merupakan tipikal desa di Indonesia, selain masyarakatnya bertani, juga membuka usaha home industri berupa produk barang jadi yang terbuat dari kulit kerbau atau sapi.

Produk yang dihasilkan seperti sepatu, tas, jaket, topi dan pernak-pernik yang terbuat dari kulit.
Varian produk yang terbuat dari bahan yang sama ini telah mengangkat desa manding menjadi desa produktif untuk tujuan wisata. Wajar kalau kemudian pemerintah daerah mendaulat desa ini menjadi desa home industri. Peroduk yang dihasilkan tidak kalah kualitasnya dengan produk impor, meskipun demikian karena alasan klasik, produk-produk ini kalah bersaing dengan produk china dan manca negara. Perlu perhatian lebih dari pemerintah untuk meningkatkan daya saing produk desa Manding ini.

Manding yang terletak di kabupaten Bantul ini menjadi snetra pengrajin kulit seperti di Cibaduyut atau PIK di Cakung Jakarta Timur. Sentra-sentra industri rumahan ini mentok hanya dikenal di dalam negeri karena daya dukung baik materil maupun non materil yang mungkin kurang dari pemerintah. Maka perlu terobosan kebijakan agar snetra-sentra seperti ini menjadi pendobrak industri sejenis dari luar negeri.

No comments: