Monday, May 11, 2009

Curug Cilember

by kasmadi

Hari minggu, 10 Mei 2009 bersama keluarga besar refressing menghirup udara segar di wana ekowisata Curug Cilember Bogor. Sepanjang jalan menuju Curug, pemandangannya cukup indah. Jalan yang berliku setelah melalui Cisarua dan sempit. Namun, udara yang sejuk menolong kesumpekan jalan yang sangat sempit. Bila berpapasan dengan mobil lain, maka salah satu harus mengalah mepet ke pinggir atau tebing.

Ekowisata Curug Cilember berlokasi di daerah Bogor, berada di Desa Jogjogan Kecamatan Cisarua, 20 Km dari Bogor. Bila mengendarai mobil dari Jakarta bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam jika bukan hari libur. Jangan ditanya jika liburan, macetnya luar biasa. Seperti hari minggu kemarin, waktu tempuhnya bisa 4 - 5 jam. Tiket masuk ekowisata ini tergolong murah yakni untuk turis lokal Rp. 6.000,00 dan untuk turis mancanegara sebesar Rp. 20.000,00.

Kawasan hutan menuju curug

curug Cilember yang mempesona turis

Keramahan alam, dengan bunga Anggrek yang begitu mempesona baik yang alami maupun hasil silang turut menyambut kedatangan pengunjung. Bunga anggrek dari berbagai jenis ini menggelantung dan menempel dibatang-batang pepohon besar. Kita dapat menyaksikan kecantikan 12 spesies satwa kupu-kupu di taman bunga. Satwa ini terpelihara dan terjaga dengan baik. Dalam area ekowisata ini terdapat pula Laboratorium penangkaran kupu-kupu. Selain itu, terdapat kantin-kantin yang menyediakan beragam kuliner dan toko-toko souvenir. Ada juga flying fox dan Camping Ground bagi yang ingin beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke obyek utama Curug Cilember.

Untuk mencapai lokasi air terjun, harus mendaki jalan setapak sejauh 250 meter. Kiri kanan jalan dipenuhi jajaran pohon pinus. Pemandangan Curug Cilember sungguh mempesona. Air terjun dari ketinggian sekitar 30 meter.

pepohonan pinus yang banyak tumbuh di lereng bukit menuju curug

Juga tersedia fasilitas penginapan yang berada diantara pohon-pohon pinus yang rindang. Salah satu obyek yang menarik disini adalah terdapatnya tujuh (7) curug berurutan dengan airnya yang jernih, segar mengalir sampai ke sungai Cilember, Cisarua. Semuanya dapat kita nikmati dengan berjalan mendaki di sela-sela pohon Pinus. Untuk sampai ke Curug yang ke tujuh waktu yang ditempuh lebih kurang 3 jam berjalan kaki.

Untuk wisatawan yang mempunyai hobi hiking maupun tracking, setelah melewati ke tujuh curug tadi Anda dapat melanjutkan petualangan dengan mendaki hutan pinus. Kita dapat menyaksikan keindahan hutan pinus yang sangat alami. (dari berbagai sumber)


No comments: